Nikmatnya Menjadi Wirausahawan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausahawan adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya. Sedangkan, Louis Jacques Filion menggambarkan wirausahawan sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu. Ia juga memiliki kesadaran tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan. Persamaannya dari pengertian – pengertian tersebut yaitu wirausahawan memiliki dan mampu berpikir kreatif-imajinatif, melihat peluang dan membuat bisnis baru.

Ada empat subkategori menjadi wirausahawan, yaitu :

  1. Penemu, mendefinisikan konsep, unik, baru, penemuan atau metodologi
  2. Inovator, menerapkan sebuah teknologi baru atau metodologi untuk memecahkan masalah baru.
  3. Marketer, mengidentifikasi kebutuhan di pasar dan memenuhinya dengan produk baru atau produk substitusi yang lebih efisien.
  4. Oportunis, pada dasarnya sebuah broker, pialang, yang menyesuaikan antara kebutuhan dengan jasa diberikan dan komisi.

Keterampilan yang dibutuhkan oleh para pengusaha dapat dikelompokkan menjadi tiga area utama yaitu :

1.           Keterampilan teknis seperti menulis, mendengarkan, presentasi lisan, pengorganisasian, pembinaan, bekerja dalam tim dan teknis tahu-bagaimana (know-how).

2.           Keterampilan manajemen usaha termasuk hal-hal dalam memulai, mengembangkan dan mengelola perusahaan.

3.           Keterampilan dalam membuat keputusan, pemasaran, manajemen, pembiayaan, akuntansi, produksi, kontrol dan negosiasi.

Ciri-ciri wirausaha yang berhasil diantaranya adalah :

  • Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak kemana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut.
  • Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar dimana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
  • Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.
  • Berani mengambil risiko Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapan pun dan dimana pun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.
  • Kerja keras jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, dimana ada peluang disitu dia dating. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Dalam benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja keras merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
  • Bertanggung jawab terhadap segala aktivitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggung jawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
  • Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai kalangan, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dijalankan, antara lain kepada para pelanggan, pemerintah, pemasok, serta masyarakat luas.

Melihat berbagai penjelasan di atas, maka tentunya akan membuka cakrawala berfikir kita untuk lebih menggiatkan semangat dalam berwirausaha. Mengingat bagaimana sulitnya mencari pekerjaan dan bekerja pada orang lain, bukankah lebih baik jika kita menciptakan suatu pekerjaan itu untuk kehidupan pribadi dan bahkan bermanfaat untuk orang lain. Hal ini akan menjadi motivasi dalam berinovasi membuka peluang usaha baru yang lebih menjanjikan. Oleh karenanya, betapa nikmat memang berwirausaha, namun kenikmatan itu akan benar-benar terasa nikmat jika kesuksesanlah yang menghampiri kita, bukan sebaliknya. Dan tiada yang lebih nikmat jika keberhasilan yang  kita raih selalu dipadu dengan rasa syukur yang besar kepada Allah SWT dan dengan berbagi kepada sesama. Selamat berwirausaha, semoga sukses dengan segala cita-cita. (Achmad Saerozi)


Dikutip dari : Wikipedia.org

0 Responses to “Nikmatnya Menjadi Wirausahawan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: